The Power of Kepepet

Kalau kita dihadapkan pada situasi tertentu, pertanyaan yang sering muncul adalah “Tindakan apa yang harus dilakukan?”. Hal itu tergantung pada bagaimana cara kita berpikir sehingga timbul respon-respon tertentu. Proses mental dan perilaku kita sangatlah kompleks. Seringkali kita merespon peristiwa dalam situasi tertentu dengan tindakan yang tidak diduga sebelumnya. Kita sering mengalaminya, dimana kita harus berani mengambil keputusan dan menanggung semua resiko yang ada demi hidup kita.

Contohnya adalah kisah seorang pekerja tambang yang bekerja di lokasi pertambangan minyak lepas pantai ini. Suatu ketika, kebakaran besar terjadi di lokasi pertambangan minyak tersebut.  Pekerja  itu merasa panik dan ketakutan. Di tengah kepanikannya, batinnya bergejolak, pikirannya dipenuhi oleh kebingungan. Dia dihadapkan pada dua pilihan.  Pilihan pertama dia tetap berada di tempat kejadian yang penuh dengan kobaran api yang bisa membuatnya mati terpanggang. Pilihan yang kedua melompat ke laut yang sangat dalam. Dalam situasi terdesak, dia memutuskan untuk melompat meski tahu hal itu sangat beresiko dan mencoba untuk berpikir positif bahwa dia akan selamat. Akhirnya dia melompat  dan selamat. Sebuah keputusan yang tepat yang muncul dari sebuah kondisi kepepet-lah yang menyelamatkan hidupnya.

Sebenarnya setiap manusia di muka bumi ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Hanya saja, orang sering tidak menyadarinya. Tak jarang, manusia merasa takjub dengan kemampuannya sendiri, karena secara tiba-tiba bisa melakukan sesuatu yang sebenarnya jauh dari kemampuannya. Dalam kondisi terdesak, seseorang terkadang bisa mengeluarkan kekuatan luar biasa yang tak bisa ia duga sebelumnya. Kekuatan tersebut hampir tidak mungkin bisa dilakukannnya dalam kondisi normal. Secara awam, orang sering menyebutnya the power of kepepet. Lihat saja beberapa contoh :

1. Lari lebih cepat saat dikejar karena ketakutan.

Ketika terdesak, tubuh akan mengeluarkan dorongan adrenalin yang bisa mempercepat jantung, paru-paru, melebarkan pembuluh darah dan mengeluarkan nurisi dalam tubuh yang semua ini mempersiapkan otot untuk memberikan respons yang cepat. Yang paling sering terjadi, orang bisa berlari dua kali lebih cepat dari kekuatan normal saat terdesak karena dikejar anjing. Jika diingat kembali, dalam kondisi normal Anda mungkin tidak akan pernah membayangkan bisa berlari secepat itu.

2. Berani melompat dari ketinggian saat kebakaran.

Saat berada dalam kondisi terdesak, orang berani melakukan apa saja untuk menyelamatkan diri, termasuk melompat dari ketinggian. Sebagai contoh, seorang nenek berani melompat dari lantai tiga saat kebakaran. Padahal dalam kondisi normal, mungkin si nenek harus berpikir puluhan kali untuk mau melompat dengan ketinggian tersebut.

3. Bisa mengangkat beban berat saat panik.

Sebenarnya kebanyakan orang bisa mengangkat hingga 6-7 kali dari berat badannya, tapi kebanyakan tidak mendorong dirinya terlalu keras untuk melakukan itu. Para ahli percaya bahwa adrenalin yang membanjiri sistem tubuh menyebabkan adanya dorongan ekstra ke otot-otot, sehingga memungkinkan orang untuk menjadi lebih kuat saat panik, terdesak, ketakutan atau berada dalam tekanan. Kekuatan ajaib ini pernah dialami oleh Lauren Kornacki saat menolong ayahnya yang tertimpa mobil BMW 525i. Perempuan 22 tahun ini berhasil mengangkat mobil untuk menarik keluar sang ayah.

Lauren Kornacki dan ayahnya
Lauren Kornacki dan ayahnya

4. Bisa melompati tembok yang lebih tinggi dari tubuh

Tak hanya keberanian yang naik berlipat ganda, saat terdesak kekuatan kaki dan tangan Anda pun bisa meningkat berkali lipat.

5. Tiba-tiba mendapat gagasan cemerlang di detik-detik terakhir ujian.

Pernahkah Anda tiba-tiba menjadi pintar dan ingat semua rumus-rumus sulit di saat detik-detik terakhir ujian ? Jika iya, Anda tidak sendiri. Kondisi ‘the power of kepepet’ tampaknya juga banyak terjadi pada pelajar atau mahasiswa, terutama pada saat menyelesaikanujian. Saat panik dan terdesak, secara tidak sadar Anda akan memaksa otak bekerja lebih keras. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan ide cemerlang atau mengingat hal-hal sulit yang sebelumnya tak bisa Anda lakukan.

Memang, ada sebuah kekuatan aneh yang keluar saat kepepet. Tetapi, apakah kita harus menunggu kepepet dulu agar bisa melakukan hal luar biasa ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*