Review Drama Korea IRIS (2009)

Category: Completed 17 0

IRIS adalah serial drama Korea spionase tahun 2009, yang dibintangi oleh Lee Byung-hun, Kim Tae-hee, Jung Joon-ho, Kim Seung-woo, Kim So-yeon dan TOP (Choi Seung-hyun) dari Big Bang. Kisahnya mengikuti dua sahabat dari Batalyon Misi Khusus 707, yang direkrut ke agen rahasia ops hitam Korea Selatan yang dikenal sebagai National Security Service (NSS). Ketika kedua sahabat itu menemukan kesetiaan mereka diuji dan menjalin aliansi baru, yang tidak mungkin, perjalanan membawa mereka dari negara asal mereka ke Hongaria, Jepang, dan Cina di mana mereka menemukan diri mereka di tengah-tengah konspirasi internasional. Drama sepanjang 20 episode ini ditayangkan KBS2, dari 14 Oktober hingga 17 Desember 2009. Berikut review drama Korea IRIS.

Dua sahabat yang sudah seperti saudara, Kim Hyun-jun (diperankan oleh Lee Byung-hun) dan Jin Sa-woo (diperankan oleh Jung Joon-ho), sedang berlatih di bawah Batalyon Misi Khusus 707 tentara Korea Selatan sampai mereka diburu oleh NSS. Duo ini secara independen dibina oleh agen NSS yang cantik, Choi Seung-hee (diperankan oleh Kim Tae-hee). Tidak sadar mereka telah dibina, keduanya secara diam-diam ditangkap dan menjalani tes penyiksaan yang disimulasikan, dan keduanya lulus tes mereka untuk menjadi agen NSS yang layak. Dalam prosesnya, mereka juga jatuh cinta pada Seung-hee, yang merahasiakan proses kepanduan dari mereka.

Setelah menyelesaikan tes, Hyun-jun dan Sa-woo diperkenalkan ke direktur NSS, Baek San (diperankan oleh Kim Yeong-cheol). Baek San menjelaskan kepada mereka bahwa NSS adalah organisasi rahasia yang bertugas mencegah ancaman asing dan melindungi kepentingan negara melalui operasi jaringan, termasuk pembunuhan siapa pun yang bisa menjadi ancaman terhadap keamanan nasional Korea Selatan. Sejak didirikan pada tahun 1976, selama pemerintahan Park Chung-hee, keberadaan agensi tersebut tetap menjadi rahasia negara dari semua orang, termasuk Presiden.

Setelah memasuki NSS, pasangan itu mengetahui bahwa Seung-hee adalah agen pengintai yang menyamar. Sementara keduanya terkejut dan agak terluka, Hyun-jun paling marah saat dia merasa hatinya dipermainkan. Selama makan malam perayaan tim, Hyun-jun berhadapan dengannya sendirian dan keduanya memeluk semangat yang mereka miliki untuk satu sama lain. Setelah itu, keduanya mempertahankan hubungan romantis rahasia tanpa sepengetahuan siapa pun.

Baca juga :  Review Drama Korea Two Weeks (2013)

Hyun-jun kemudian dikirim pada misi solo ke Hongaria. Di Hongaria, Hyun-jun menyelesaikan misinya dan saat melarikan diri, menjadi terluka. Tak lama kemudian, Hyun-jun mengetahui bahwa dia dikhianati oleh sesama agen Sa-woo. Seung-hee berusaha membantu Hyun-jun melarikan diri, tetapi sebuah ledakan mobil memisahkan keduanya dan keduanya disesatkan untuk percaya bahwa orang lain itu sudah mati. Hyun-jun kemudian diselamatkan oleh suara yang tidak dikenal dan belajar dari masyarakat rahasia “IRIS”.

Satu tahun kemudian, Hyun-jun kembali ke Korea untuk membalas dendam. Selama waktu ini, Korea Utara dan Selatan akan bersatu kembali. Namun, para anggota IRIS bermaksud menghentikan reunifikasi. Mereka menyerang sebuah mal lokal karena para sandera memeras kedua sisi pemerintah Korea untuk mengancam presiden SK agar mengumumkan pendirian politik mereka untuk tidak bersatu dengan NK. Hyun-jun menjadi negosiator untuk presiden Cho Myung-ho (Lee Jung-gil) dan untuk pembebasan para sandera. Akhirnya, Sa-woo terbunuh. Dengan segala hal yang menghambat proses penyatuan kembali, pembicaraan damai dilanjutkan.

Pada pertemuan reunifikasi, presiden secara pribadi meminta Hyun-jun untuk berada di sisinya. Bersamaan dengan itu, agen-agen NSS menyadari bahwa mereka telah ditipu: agen-agen IRIS yang diduga tewas dalam krisis mal sebenarnya adalah sandera. Agen IRIS yang sebenarnya lolos dan menyusup ke KTT untuk membunuh semua delegasi. Agen IRIS membunuh dan mengganti berbagai agen keamanan untuk pembantaian. Sayangnya, itu gagal dengan gangguan Seung-hee. Dia berpura-pura menjadi agen IRIS dan menggunakan kebingungan untuk menghentikan mereka. Ini menciptakan kepanikan massal karena agen-agen IRIS berdiri melawan semua pasukan keamanan. Pada akhirnya, presiden SK dan pasukan NK selamat dari serangan itu dan Hyun-jun menyelamatkan hari itu lagi.

Setelahnya, Hyun-jun dan Seung-hee meninggalkan NSS untuk kehidupan normal. Sementara Seung-hee menunggu di mercusuar untuk Hyun-jun, dia pergi untuk menemuinya dan melamar. Namun, selama perjalanan, Hyun-jun ditembak di kepala oleh seorang penembak jitu. Dia meninggal sambil melihat Seung-hee di kejauhan di mercusuar, tanpa sepengetahuannya.

Baca juga : Review Drama Korea Dae Jang Geum (2003)

Detail drama Korea IRIS

Review Drama Korea IRIS (2009)

  • Judul : IRIS
  • Revised Romanization : Airiseu
  • Hangul : 아이리스
  • Genre : Action, Romance, Thriller
  • Sutradara : Yang Yun-Ho, Kim Kyu-Tae
  • Penulis : Kim Hyun-Joon, Jo Kyu-Won, Kim Jae-Eun
  • Produser: Jung Tae-Won, Choi Ji-Young
  • Network : KBS2
  • Jumlah Episode : 20
  • Tanggal Rilis : 14 Oktober – 17 Desember 2009
Baca juga :  Review Drama Korea About Time (2018)

Para pemain drakor IRIS

Lee Byung-hun sebagai Kim Hyun-jun

Lee Byung-hun sebagai Kim Hyun-junSeorang prajurit Pasukan Khusus Korea Selatan, Hyun-jun telah melayang dalam hidup dengan sedikit perhatian untuk detailnya. Memiliki ingatan fotografi, kemampuan atletik terbaik, dan kemahiran dengan sebagian besar senjata api, ia memiliki sedikit kesulitan membedakan dirinya sebagai anggota NSS. Dengan asumsi nama kode “TK1” selama operasi, ia sering dipasangkan dengan saudara lelakinya dan kolega Jin Sa-woo.

Kim Tae-hee sebagai Choi Seung-hee

Kim Tae-hee sebagai Choi Seung-heeDiberi peringkat sebagai “Pemimpin Tim” di NSS, Seung-hee adalah profiler ahli yang membantu komandan kedua, Park Sang-hyun, dengan merekrut Kim Hyun-jun dan, lebih langsung, Jin Sa-woo. Dikagumi karena kecantikan dan kepintarannya, Seung-hee secara universal disukai dalam organisasi dan tetap sangat dekat dengan sesama anggota NSS Yang Jung-in.

Jung Joon-ho sebagai Jin Sa-woo

Jung Joon-ho sebagai Jin Sa-wooSeorang sahabat yang tumbuh bersama Hyun-jun, Sa-woo lebih berkepala dingin dan bertanggung jawab dari keduanya. Sebagai anggota Pasukan Khusus, mereka sering menemukan diri mereka dalam kompetisi sengit, dan setelah bergabung dengan NSS, mendapati diri mereka bersaing untuk mendapatkan kasih sayang dari Choi Seung-hee. Sesuai dengan nama kode Hyun-jun, ia dikenal sebagai “TK2”.

Kim Seung-woo sebagai Park Cheol-young

Kim Seung-woo sebagai Park Cheol-youngSeorang pendukung WPK yang berpengalaman dan tabah, Park Cheol-young adalah kepala tim keamanan Korea Utara yang bertanggung jawab untuk mengawal dan melindungi kepala negara dalam misi diplomatik. Dia pertama kali bertemu Kim Hyun-jun ketika mereka terjebak dalam kebuntuan politik di Hongaria — yang membuat Park dan seluruh timnya berada di bawah kekuasaan atasan mereka seandainya mereka tidak menyelesaikan situasi dengan cepat sesuai keinginan mereka.

Kim So-yeon sebagai Kim Seon-hwa

Kim So-yeon sebagai Kim Seon-hwaMeskipun menjadi salah satu dari sedikit perempuan untuk mencapai statusnya, Kim Seon-hwa telah mendapatkan kepercayaan dan pengakuan dari rekan-rekannya di pasukan keamanan Korea Utara. Sebagai bawahan Park Cheol-young dan seorang perwira tinggi dalam pakaian keamanannya, dia sangat mengagumi atasannya dan menyimpan kebencian mendalam terhadap Selatan. Dia jatuh cinta dengan Hyun-jun, yang menunjukkan belas kasihnya.

Baca juga :  Review Drama Korea Secret Garden (2010)

T.O.P. sebagai Vick

T.O.P. sebagai VickSeorang pembunuh misterius yang bekerja untuk organisasi yang bahkan lebih misterius, Vick menjawab seorang pria yang hanya dikenal sebagai “Mr. Black.” Meskipun keturunan Korea, asal-usulnya yang sebenarnya tidak diketahui dan dia berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Inggris dan Korea. Seringkali, ia bertanggung jawab untuk menghilangkan target politik dan mengambil, serta menghancurkan, informasi sensitif atas perintah atasannya.

Drama Korea IRIS dibuat dengan anggaran lebih dari 40 miliar won (setara 34 juta USD). IRIS dan spin-offnya, Athena: Goddess of War, berbagi rekor sebagai drama Korea termahal yang pernah diproduksi. Serial ini sukses secara kritis dan komersial, dengan rata-rata pemirsa lebih dari 30% di samping peringkat sebagai program teratas secara konsisten setiap minggu setelah debutnya. IRIS juga membawa pulang banyak penghargaan tertinggi di KBS Drama Awards 2009, termasuk Daesang Award untuk Lee Byung-hun.

YOU MIGHT ALSO LIKE :

Related Articles

Komentar