Cara Mengobati Jerawat Batu

Cara Mengobati Jerawat Batu – Jerawat adalah musuh semua orang yang biasanya akan mulai muncul saat memasuki masa puber. Entah itu pria atau wanita, pasti akan berusaha untuk mencegah kemunculannya, atau berusaha mengobatinya kalau telah terlanjur muncul. Oleh karena itu, tidak heran, agar kulit wajah terlihat halus, hampir semua orang rela mengeluarkan biaya besar untuk menghilangkan jerawat dari wajahnya. Sayangnya, jerawat tidak berhenti muncul di masa remaja.

Jerawat pada usia dewasa biasanya disebabkan karena wajah berminyak, bakteri, perubahan hormon akibat kehamilan dan menstruasi, kebiasaan merokok, serta faktor keturunan. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat dewasa adalah stres dan makanan seperti cokelat, gula, dan makanan berlemak. Memang, ada beberapa jenis jerawat ini. Salah satunya adalah jerawat batu. Untuk kali ini, kita akan bahas mengenai cara mengobati jerawat batu.

Yang menarik juga :

Jenis-jenis Jerawat

Sebelum membahas lebih lanjut, kiranya perlu kita ketahui lebih jauh tentang jerawat ini. Menurut meetdoctor.com, pada orang dewasa, terdapat dua jenis jerawat yang biasanya muncul, yaitu :

  1. Komedo

Komedo adalah bintik-bintik hitam yang muncul, terutama di sekitar hidung. Bintik-bintik hitam di wilayah sekitar muka terutama hidung ini memang dapat merusak penampilan kita. Biasanya komedo timbul karena bawah permukaan kulit saat berminyak (sebum) bereaksi dengan udara di sebagian pori-pori wajah terseumbat. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Kita bisa mengatasi komedo dengan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih wajah. Gunakan air hangat dan jangan menggosok wajah terlalu keras. Disamping itu, batasi juga pemakain make-up yang berlebihan karena bisa menyumbat pori-pori. Apabila Anda ingin berdandan, pilihlah jenis make-up yang bebas minyak, mengandung tabir surya (sunblock), serta tidak memicu timbulnya jerawat maupun komedo.

Cara Mengobati Jerawat Batu

Cara Mengobati Jerawat Batu

  1. Jerawat batu

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang sangat dihindari oleh banyak orang. Betul atau tidak ? Jerawat batu ini timbul karena folikel kulit tersumbat sangat dalam di bawah permukaan kulit. Jerawat jenis ini membutuhkan obat-obatan berupa pil antibiotik serta krim wajah yang mengandung retinoids. Walaupun jerawat batu memang susah dihilangkan, Anda tetap harus menghindari menggaruk, memencet, maupun memecahkan jerawat batu. Bila hal itu dilakukan, maka hanya akan memperburuk jerawat dan menyisakan bekas luka. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, memang sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kecantikan untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*