Vava Suresh, Taklukkan 30.000 Ular Berbisa

Vava Suresh, Taklukkan 30.000 Ular Berbisa – Vava Suresh, pria asal India ini dijuluki Manusia Ular. Ia telah berhasil menyelamatkan lebih dari 30.000 ular berbisa. Dia tidak hanya mencintai ular, tetapi juga berusaha untuk menjaga mereka dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang ingin membunuh mereka. Namanya sangat populer di Kerala, India Selatan. Para warga akan meminta bantuannya untuk mengamankan ular-ular yang masuk ke rumah mereka.
Sejak kecil ia telah mencintai hewan melata ini. Vava lahir di sebuah keluarga miskin di Thiruvananthapuram. Dia memiliki persepsi yang sangat berbeda dari kebanyakan orang tentang ular. Kalau kebanyakan orang akan takut dan menjauhi binatang yang satu ini, Vava tidak. Ia mengatakan bahwa ular merupakan hewan yang lembut dan penuh cinta. 
“Ular adalah bagian dari hidup saya sejak kecil,” katanya kepada The Hindu.
Vava sendiri tidak tahu, mengapa dia bisa begitu mencintai ular. Ketika masih kecil, dia mengaku sering melihat orang-orang membunuh ular dengan brutal. Menurut dia, kejadian itu mungkin menjadi salah satu alasan kenapa akhirnya dia sangat bersimpati pada hewan melata itu. 
Vava Suresh, Taklukkan 30.000 Ular Berbisa
img from panoramio.com
Pada usia 12 tahun, Vava pertama kali menangkap ular. Saat itu, dia menghadapi seekor ular kobra yang masih bayi yang bersembunyi di rumahnya. Dengan hati-hati, dia mulai mempelajari perilaku ular tersebut. Perlahan namun pasti, dia pun mulai memahami bagaimana menangani ular tanpa melukai mereka atau diri sendiri. 
Yang mengagumkan, Vava Suresh melakukan aksinya tanpa menggunakan alat khusus. Dia hanya menggunakan tangan kosong untuk menangkap ular-ular itu. Sejauh ini, dia telah menyelamatkan 12 raja kobra, 7.000 ular kobra India, 1.600-1.700 ular berbisa dan 150 krait.
vava suresh si manusia ular
img from thehindu.com
Kepopuleran Vava bahkan telah membuat departemen kepolisian dan pemadam kebakaran setempat, kadang-kadang menggunakan jasanya untuk menjebak reptil tanpa melukai hewan tersebut.
“Beberapa harian lokal juga mempublikasikan nomor ponsel saya, sehingga mereka bisa menghubungi saya dengan mudah,” ungkapnya.
Pekerjaan Vava bukannya tak berbahaya. Salah satu jarinya telah mengalami pembedahan karena gigitan ular kobra. Dan pada tahun 2012, kulit di telapak tangannya harus dicangkok setelah digigit ular. Sejauh ini, dia telah bertahan dari lebih dari 266 gigitan ular berbisa, dan tubuhnya kini telah mengembangkan antibodi yang cukup kuat untuk menangkal racun ular.(sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*