Tips Memilih Kopi yang Enak

Tips Memilih Kopi yang Enak – Tiada hari tanpa kopi. Itulah saya. Kalau Anda juga penikmat kopi seperti saya, saya yakin sekali bahwa setiap hari, Anda pasti meminumnya. Saya mulai menyukai kopi sejak SMA. Namun baru mengetahui cara memilih kopi yang enak, setelah mencoba beberapa, kemudian membedakannya. Nah, kali ini, saya ingin bagikan bagaimana memilih kopi yang enak ?
Memilih kopi yang enak sebenarnya tidak terlalu sulit, kalau kopi itu sudah terseduh di cangkir. Karena kita akan tahu enak tidaknya kopi, bisa melalui aroma wangi kopinya. Tetapi, jika kita pergi ke supermarket untuk membeli kopi, pasti kita akan dihadapkan pada begitu banyak jenis dan merek yang justru membuat kita bingung memilih kopi yang paling enak.
Tips Memilih Kopi yang Enak

Β Tips Memilih Kopi yang Enak

Berikut cara saya memilih kopi yang enak

 

  • Cium wanginya, apakah ada rasanya atau tidak.
  • Bagaimana pengemasan bungkus yang dipakai ~ Kopi yang berkualitas didukung oleh pengemasan bungkus yang menarik dan benar. Penggunaan material bahan pengemasan juga bisa memengaruhi aroma dan rasa kopi di dalamnya. Kopi yang enak biasanya dibungkus dalam aluminium foil sehingga oksigen tidak dapat masuk ke dalam ruang kopi tersebut. “Kalau bungkusnya sudah dari plastik, itu menunjukkan bahwa kualitas kopi itu tidak bagus, kenapa ? Karena plastik mengizinkan oksigen untuk masuk ke dalam ruang kopi sehingga membuat kopi menjadi tidak enak. Musuh besar kopi yang sudah disangrai itu oksigen, dan kopi juga tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas. Sebaiknya ditempatkan pada ruangan dengan suhu sejuk,” demikian menurut Clarissa Halim, Product Development and Advertising Department PT JJ Multi Utama Indonesia (distributor JJ Royal Coffee). Saya setuju dengan hal ini.
  • Periksa masa/batas pemakaian kopi. Kopi memang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, namun alangkah baiknya jika kopi yang sudah dibuka kemasannya dikonsumsi dalam seminggu. Masalahnya, kopi yang terlalu lama disimpan akan memberikan pengaruh pada kualitas kenikmatan kopi itu.
Menurut saya, akan lebih baik kalau kita membeli kopi kemasan sachet. Karena kopi tidak akan terbuka terlalu lama. Bila Anda suka membeli dalam kemasan besar, pastikan wadah penyimpan dalam keadaan rapat, sehingga tidak ada udara yang masuk.

Bagaimana menurut Anda ?

Monggo disrupuut ….
26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *