5 Binatang Paling Lambat di Dunia

5 Binatang Paling Lambat di Dunia – Dalam dunia binatang atau hewan, ternyata ada beberapa diantaranya yang berjalan dengan sangat lambat. Saking lambatnya, ada hewan yang memiliki kecepatan maksimum hanya sekitar 0,03 mph. Anda tentu penasaran, hewan-hewan apa saja yang menjadi binatang paling lambat dalam berjalan itu ? Berikut, 5 binatang paling lambat di dunia :

1. Giant Tortoise

Giant Tortoise atau Kura-kura raksasa sesuai dengan namanya, memiliki ukuran yang sangat besar. Beratnya bisa mencapai 3 kwintal atau 300 kilo gram. Sementara panjangnya, dapat tumbuh menjadi 1,3 meter. Hewan ini, hidup dan merupakan ciri khas dari pulau tropis tertentu. Giant Tortoise adalah salah satu hewan yang paling lama hidup di dunia. Rata-rata bisa mencapai 100 tahun atau lebih. Kura-kura paling lambat di dunia telah dihitung memiliki kecepatan 0,13 hingga 0,30 mph. Namun, ketika mereka berenang, kecepatan nya bisa mencapai 22 mph.

5 Binatang Paling Lambat di Dunia
giant tortoise

2. Three-Toed Sloth

Three-Toed Sloth adalah binatang mamalia dari Amerika Selatan dan Tengah. Ia hidup di pohon dan satu-satunya anggota dari genus Bradypus dan keluarga Bradypodidae. Three-Toed Sloth memang terkenal lambat dalam bergerak. Disamping itu, hewan ini tergolong binatang yang malas. Kecepatan maksimal mereka saat berjalan adalah 0,15 mph. Hewan ini memiliki ukuran seperti seekor anjing kecil. Ia memiliki tinggi sekitar 60 sentimeter. Diperkirakan, beratnya hanya 3,5-4,5 kilogram.

Three-Toed Sloth

 5 Binatang Paling Lambat di Dunia

3. Starfish

Hewan ini biasa kita sebut sebagai Bintang laut. Walaupun menggunakan kata fish di belakang namanya, namun hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Umumnya, Bintang laut ditemukan dengan lima lengan yang menempel pada cakram pusat. Bintang laut tidak tergantung pada kerangka. Hewan ini bergerak dengan kecepatan 8 mph dan beriringan menggunakan kelima jari (Biarpun bintang laut masih dilindungi oleh kerangka mereka), namun memiliki sistem vaskular air hidrolik yang membantu bintang laut bergerak.

Bintang laut

4. Manatee

Manatee adalah mamalia air berukuran besar dari famili Trichechidae. Manatee biasa disebut Lembu laut atau sapi laut. Hewan ini berbeda dengan Dugongidae dari segi bentuk tengkorak dan bentuk ekornya. Ekor manatee memiliki bentuk seperti pendayung, sementara ekor Dugong bercabang. Berat tubuh manatee rata-rata lebih dari 500 kilo gram dan dapat tumbuh lebih dari 4,5 meter. Diperkirakan kecepatan mereka hanya sekitar 13 mph. Walaupun memiliki ukuran besar, mereka bisa bertahan hidup hingga 70 tahun. Manatee menghabiskan sebagian besar waktu mereka pada tanaman dalam keadaan hangat, perairan dangkal yang kurang lebih dua meter. Manatee adalah herbivora. Ia memakan tanaman air seperti rumput laut dan ganggang.

manatee

5. Koala

5 Binatang Paling Lambat di Dunia

 

Koala adalah hewan khas Australia. Koala adalah salah satu binatang berkantung, dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae. Banyak disebutkan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi, yang memiliki arti tidak minum. Koala adalah binatang mamalia marsupial, yang bergerak perlahan-lahan dan merupakan binatang malam. Tangan dan kaki koala memang ‘didesain’ untuk memanjat pohon. Saat hari siang, koala tidur di pohon-pohon kayu putih. Hewan ini merupakan salah satu spesies yang dilindungi. Diperkirakan, kecepatan Koala hanya mencapai 25 mph. Itulah 5 Binatang Paling Lambat di Dunia. (dari berbagai sumber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*