Review Drama Korea Squad 38 (2016)
Drama

Review Drama Korea Squad 38 (2016)

Bukan drama baru memang. Alasan saya menonton drama Squad 38 adalah Ma Dong-seok. Kebetulan saya membaca berita bahwa ia akan terlibat dalam film Marvel mendatang berjudul The Eternals. Saya suka akting Ma Dong-seok sejak menonton Train to Busan, di mana ia beradu akting dengan Gong Yoo. Saya juga suka tampang ‘garang’ nya. Itu kenapa saya menonton drama ini.

Squad 38 atau Task Force 38 adalah serial drama Korea yang berkisah tentang pengumpul pajak di kota Seowon. Ada banyak ternyata yang mangkir untuk bayar pajak. Tidak hanya orang biasa, drama ini justru menyoroti para konglomerat dan hartawan yang tidak mau membayar pajak mereka. Nilainya mencapai jutaan dolar. Yang paling final adalah pajak sebesar 100 juta dolar. Sangat sulit untuk bisa menarik pajak dari orang ini, karena ia memiliki koneksi yang tidak main-main di kota Seowon.

Para pemain drama Korea Squad 38

  • Ma Dong-seok berperan sebagai Baek Sung-il/Park Woong-cheol, yaitu Kepala Divisi 3 Biro Pengumpul Pajak
  • Seo In-guk sebagai Yang Jeong-do, seorang penipu profesional
  • Sooyoung sebagai Cheon Sung-hee staff Baek Sung-il
  • Song Ok-sook sebagai Noh Bang-shil, rekan sesama penipu Yang Jeong-do nicknamenya adalah “Wallet”. Dia inilah yang mendanai aksi penipuan Jeong-do
  • Heo Jae-ho sebagai Jang Hak-joo (Cannon)
  • Ko Kyu-pil sebagai Jung Ja-wang (Keyboard) seorang ahli komputer yang maniak film porno
  • Lee Sun-bin sebagai Jo Mi-joo (Kkotbaem/Flower Snake), ahli penyamaran.
  • Kim Joo-ri sebagai Choi Ji-yeon, asisten Noh Bang-shil
  • Oh Dae-hwan sebagai Ma Jin-seok
para pemain drama korea squad 38
Kiri ke Kanan : Seo In-guk, Sooyoung, Ma Dong-seok

Tidak ada tampang garang Ma Deong-sok di drama ini. Jujur, saya ingin melihat itu sebenarnya. Kalau kalian sama, maka kecewalah, Ma Deong-sok akan berperan sebagai Kepala yang lugu dan jujur serta sedikit penakut. Memang kadang ada saat dia marah, tapi itu biasa saja. Selebihnya, kamu akan dibuat gemas dengan aktingnya yang lugu. Tapi jangan khawatir, menjelang episode akhir, ia akan memperlihatkan dirinya sebagai seorang pengatur strategi penipuan yang luar biasa, bahkan mengalahkan Yang Jeong-do, si penipu profesional. Bagaimana ia bisa menjadi penipu?

Baca juga : Review Drama Korea Priest (2018)

Alur yang membawa kita menyaksikannya menjadi penipu benar-benar bagus. Kita akan dibawa berpikir logis saja kenapa Baek Sung-il harus menjadi penipu. Satu-satunya yang menurut saya kurang jelas adalah saat Jeong-do mengumpulkan tim penipu. Tapi, bisa saja sutradara menyuruh kita menganggap bahwa tim itulah yang membantu Yang Jeong-do melakukan penipuan selama ini.

Baca juga :  Review Drama Korea Melting Me Softly (2019)

Aksi penipuan di drama Squad 38 digunakan untuk menarik pajak dari para konglomerat yang mangkir membayar. Awalnya, Baek Sung-il tidak pernah berpikir menjadi seorang penipu. Tapi, hanya itu satu-satunya cara membuat mereka membayar pajak. Ini sebenarnya ditentang oleh Cheon Sung-hee (Sooyoung), karena ia sangat mengenal Jeong-do, bahkan pernah tertipu olehnya. Namun pada akhirnya, Sung-hee membiarkannya, dan kadang kala justru membantu, walau ia akan menderita seandainya penipuan itu berhasil. Karena ini akan menyeret ayahnya sendiri, yang adalah Walikota Seowon.

Secara umum, drama Korea Squad 38 ini bagus. Ada banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari drama ini. Kamu tidak akan kecewa meluangkan waktu untuk menontonnya. O’ya, drama ini memiliki 16 episode dan tayang 17 Juni – 6 Agustus 2016 melalui TV kabel OCN.

 

Komentar

%d blogger menyukai ini: