Video Kesenian Jathilan di Jawa

226 views

Video Kesenian Jathilan di Jawa – Jathilan adalah tarian tradisional Jawa, di mana pemain atau sang penari menggunakan kuda kepang. Tarian ini memiliki unsur magis karena pemain atau sang penari, dapat mencapai sebuah keadaan tidak sadar atau kesurupan. Tarian Jathilan digelar dengan menggunakan iringan musik tradisional seperti : kendhang, saron dan juga gong.

Nama tarian Jathilan di masing-masing tempat memiliki perbedaan. Di daerah Banyumas dinamakan ‘Ebeg’, sementara di sejumlah tempat di Jawa Tengah dinamakan tari ‘Jaran Képang’ atau Kuda Lumping. Tarian jathilan bisa menjadi sebuah pertunjukan yang berdiri sendiri, atau dapat juga merupakan gabungan dengan tarian lain seperti Réyog dan Barongan. Sebelum tarian dimulai, biasanya dimulai dengan musik gamelan berupa : kendhang, bendhé dan kecer, serta lawakan atau dagelan Penthul (Bancak) dan Tembem (Doyok). Pada sesi terakhir, sering ada penari yang sampai pada kondisi trance (seperti kesurupan). Selain untuk hiburan, tari jathilan juga biasa digunakan untuk prosèsi ritual budaya mistis seperti Tradisi Tolak Bala di lereng Gunung Merapi.

Mengenai seperti apa tarian itu, Anda bisa melihatnya pada video yang kami sertakan. Ada 3 tarian berbeda yang tersedia. Semoga dapat memberi Anda sebuah wawasan baru tentang kesenian tradisional di Indonesia, terutama di Jawa.

Tags: #ebeg #jaran kepang #jathilan #kesenian #kuda lumping #tradisional