Tips Manajemen Uang Gaji

Apa yang Anda lakukan sesaat setelah menerima gaji Anda ? Langsung menggunakannya tanpa rencana ? Ah .. itu berbahaya … Itulah kenapa problem uang gajian selalu habis, sering muncul. Kita perlu mengetahui cara menghemat uang gajian. Jadi, simak tips yang akan kami bagikan ini. Tips Manajemen Uang Gaji. Kenapa ? Agar uang tersebut tidak langsung lenyap digunakan untuk belanja berbagai barang keinginan yang tidak ada habisnya. Agar kita bisa menghemat uang gajian. Berikut tips manajemen uang gaji, yang disarikan dari Cosmopilitan Indonesia.

Bayar/Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Bener. Segera bayar hutang-hutang segera sebelum kita kembali berhutang. Bayar dan lunasi seluruh tagihan kartu kredit, dan dahulukan hal tersebut sebelum Anda menggunakan kartu kredit untuk membeli barang baru.

Susunlah Sebuah Rencana Anggaran (Budgeting)

Setelah membayar hutang-hutang Anda, segera lakukan perencanaan anggaran (budgeting). Sisihkan 50%-60% untuk pengeluaran Anda tiap bulannya, seperti transportasi dan makan, lalu simpan 20% uang Anda untuk ditabung. Sisanya, bisa Anda gunakan untuk berbelanja atau untuk disimpan.

Tips Manajemen Uang Gaji

Tips Manajemen Uang Gaji

Pisahkan Uang Untuk Dana Pensiun

Akan sangat baik kalau 50% dari sisa uang yang diperoleh setelah budgeting disimpan sebagai tabungan pensiun nanti. Kelihatannya memang kurang penting, namun hal tersebut akan berguna nantinya. Lebih baik bersusah sekarang dibandingkan nanti. Benar tidak ?

Ambil Uang Secara Berkala

Untuk uang yang sudah Anda sisihkan demi pengeluaran per bulan, ambil secara berkala per minggunya. Mengambil uang dalam jumlah terlalu besar justru akan memancing Anda untuk berbelanja di luar kebutuhan.

Pikirkan Kembali Saat Belanja

Jangan terburu-buru membuat keputusan saat ingin membeli barang. Pikirkan kembali, dan tahan diri Anda selama beberapa hari sebelum membeli barang tersebut. Siapa tahu keinginan untuk membeli barang tersebut justru menghilang.

Investasikan Sisa Uang

Bagaimana dengan sisa uang Anda dari bulan kemarin ? Jawabannya mudah. Ditabung saja, atau diinvestasikan. Berinvestasi dapat dilakukan dalam berbagai hal, yang paling mudah adalah dalam bentuk uang asing atau tabungan deposito. Kalau sisa uang Anda memang masih sedikit, maka ditabung saja. Jangan gunakan sisa uang Anda untuk belanja.

Itulah tips manajemen uang gaji yang kami bagikan kali ini. Semoga dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda mengenai cara menghemat uang gaji. Jangan habiskan gaji hanya untuk memuaskan keinginan diri. Oke ?

Loading...

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*