Ternyata, Ini Penulis Cerita Mukidi yang Sebenarnya

Kalau kemarin saya masih ragu dengan sosok siapa sebenarnya mukidi, maka kali ini saya tahu ternyata, ini penulis cerita mukidi yang sebenarnya.

Nama asli penulis cerita Mukidi adalah Soetantyo Moechlas. Ia adalah orang Banyumas, Jawa Tengah yang saat ini tinggal di Jl. Pembangunan I no 1 Jatibening I Bekasi 17412. Ia berkata bahwa cerita humor Mukidi, pada mulanya dipakai pria yang akrab dipanggil Yoyok itu sebagai materi penyegaran dalam presentasi.

Soetantyo Muchlas atau pak Yoyok sebenarnya adalah seorang product manager. Ia sering melakukan presentasi. Dan humor itu digunakan supaya tidak tegang. Demikian katanya kepada Liputan6.com.

Ternyata, Ini Penulis Cerita Mukidi yang Sebenarnya

Sebetulnya, kisah humor cerita Mukidi, sudah ia tulis beberapa tahun lalu. Merujuk pada blog ceritamukidi.wordpress.com, maka arsip di sana menunjukkan angka tahun 2012. Cerita Mukidi juga kerap diputar di salah satu saluran radio waktu itu. Ketika ditanya kenapa memakai nama Mukidi, Yoyok mengatakan bahwa nama itu mudah diingat. Tidak ubahnya nama Kabayan, Wakijan, Samijan dan sebagainya. Nama-nama yang menyimbolkan rakyat kecil dan mudah diingat, demikian katanya.

Ternyata, Ini Penulis Cerita Mukidi yang Sebenarnya

Mukidi adalah Mukidi

Lebih lanjut, pak Yoyok memastikan, bahwa tak ada satupun tokoh di dunia nyata yang menyiratkan satu orang. Mukidi adalah Mukidi, tokoh fiksi rekaan Soelastyo Moechlas. Terkadang Mukidi diceritakan sebagai pelajar, remaja, pemuda, dan dalam beberapa humor Mukidi menjadi sosok suami yang telah berkeluarga. Asal muasal Mukidi juga berpindah-pindah. Terkadang Mukidi diceritakan sebagai orang dengan logat Cilacap, Betawi, Surabaya, dan tidak jarang logat Madura. Maka tidak heran, kalau ada yang mengatakan bahwa Mukidi sebenarnya adalah sosok perwakilan orang Indonesia.

Hidup Lik Mukidi … !!

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *