Setya Novanto dan Fadli Zon Dilaporkan Siang Ini

Setya Novanto dan Fadli Zon Dilaporkan Siang Ini – Kehadiran Setya Novanto dan Fadli Zon dalam konferensi pers salah satu bakal calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memang mendapatkan reaksi keras dari para anggota dewan. Menurut berita yang dilansir dari Tribun, siang ini, sejumlah anggota dewan, akan melaporkan Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

Keduanya bakal dilaporkan karena kehadiran keduanya dalam konferensi pers bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump.

Anggota Fraksi PDI-P Budiman Sudjatmiko mengatakan bahwa rencananya pukul 14.00 WIB siang ini akan dilaporkan. Hal ini dikatakan saat dihubungi Kompas, Senin pagi. Dalam melaporkannya, Budiman akan ditemani anggota dewan lainnya yaitu Diah Pitaloka, Adian Napitupulu, dan Charles Honoris, dan anggota F-PKB Maman Imanulhaq. Kelima anggota DPR ini sudah menggelar jumpa pers untuk memprotes sikap Novanto dan Fadli tersebut pada Sabtu (5/9/2015).

Kehadiran Setya Novanto dan Fadli dikatakan melanggar Pasal 292 Tata Tertib tentang Kode Etik. Pasal tersebut menyebutkan, setiap anggota DPR harus menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPR. Selain itu, Pasal 1 sampai 6 tentang Kode Etik, yang meminta anggota DPR mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi.

Setya Novanto dan Fadli Zon Dilaporkan Siang Ini
Sebenarnya, Setya, Fadli, dan sejumlah anggota DPR lain berada di AS untuk menghadiri Konferensi Dunia IV Pimpinan Parlemen yang digelar di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Nurul Arifin, yang adalah Staf Khusus Ketua DPR Bidang Komunikasi Politik, sebelumnya telah mengatakan, bahwa kehadiran pimpinan DPR dalam acara kampanye peserta kontes bakal calon presiden Amerika Seikat, Donald Trump, bukan merupakan bentuk dukungan politik.

Nurul menambahkan kunjungan tersebut, semata dalam rangka silaturahim dan memperkuat investasi Trump di Indonesia. Saat itu, rombongan yang berangkat berjumlah 14 orang beserta staf sekretariat.

“Pertemuan dilakukan di lantai 26 Trump Plaza. Setelah itu, delegasi diajak turun ke lantai dasar serta melihat acara konferensi pers. Sebagai orang Timur yang memiliki kesantunan, ajakan tersebut dipenuhi,” ujar Nurul melalui siaran pers.

Fadli Zon juga sudah menyampaikan penjelasan terkait kehadirannya di jumpa pers tersebut.

Tetapi dalam video yang telah beredar luas, kita sendiri bisa menyimpulkan, apakah memang benar seperti itu ? Menurut ANda ?

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *