Rumah Peristiwa Rengasdengklok Dikabarkan Akan Dijual

Di tengah masa bangsa ini menyambut peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, ada berita yang tidak mengenakkan. Ini adalah mengenai benda bersejarah, yaitu rumah tempat penyekapan Soekarno dan Hatta, sebelum peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan. Menurut kabar, rumah peristiwa Rengasdengklok itu dikabarkan akan dijual. Karuan saja hal ini kembali menuai kecaman dari berbagai pihak karena rumah petani Tionghoa Djiau Kie Siong tersebut merupakan bangunan yang bersejarah.
Cucu generasi ketiga, Dyiauw Kwin Moy (Iin) yang telah berumur 61 tahun membantah keras kabar tersebut. Ahli waris itu belum bersepakat untuk menjual bangunan bersejarah itu. Demikian tulis Merdeka.com
“Enggak dijual, di televisi mau dijual itu kami bingung, katanya kebentur biaya. Itu sebenarnya bukan dari keluarga, tapi sebenarnya dari mana, kita enggak tahu,” kata Iin kepada merdeka.com di serambi Rumah Peristiwa Rengasdengklok Dusun Kalijaya RT 01 RW 09 Rengasdengklok Utara Karawang, Senin (11/8).
Menurutnya, keluarga memang sempat mempunyai keinginan untuk menjual bangunan bersejarah ini sebelumnya. Akan tetapi mereka tidak mencapai kesepakatan terhadap keinginan sebagian ahli waris tersebut.

Rumah Peristiwa Rengasdengklok Dikabarkan Akan Dijual
img from merdeka.com
Rumah Peristiwa Rengasdengklok Dikabarkan Akan Dijual

“Ahli waris memang dulu ada yang mau jual dan ada yang bilang enggak. Kakak saya juga kepikiran juga makin lama makin tua, kita enggak selamanya hidup tar siapa yang akan mengurusnya,” terang dia.

Selain itu, dia juga mengungkapkan jika dijual akan banyak orang yang mau melakukan penawaran. Namun ahli waris belum ikhlas menjualnya.
“Ada yang nawar (pengunjung) datang ke sini pengen beli. Kita masih pengen mempertahankannya,” pungkas dia.
Semoga kabar ini tidak benar. Rumah Rengasdengklok adalah rumah yang sangat bersejarah bagi bangsa ini. Peristiwa 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa yang sangat spesial bagi bangsa ini. Alangkah akan baik sekali kalau rumah itu dijaga kelestariannya, agar anak cucu kita nanti juga bisa melihat dan mengetahui sejarah bangsa Indonesia

8 Komentar

  1. jika demikian adanya, kewajiban pemerintah dan dinas terkait untuk segera bertindak dan ambil langkah terbaik untuk menyelamatkan aset sejarah bangsa ini, bayangin kalau dibeli sama orang luar negeri…lalu dibikin hotel..apa ngga kebakaran jenggot tuh bangsa ini?…:D

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*