Pernyataan-pernyataan Kontroversial Donald Trump

Setelah mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat, selalu saja Donald Trump memicu adanya kontroversi dengan pernyataan-pernyataannya. Belum lama, ia kembali memicu kontroversi dengan seruannya yang meminta agar AS melarang umat Muslim memasuki negara itu. Apa maksudnya ??

donald trump

Nah, pernyataan kontroversialnya bukan hanya itu saja. Kali ini, kami bagikan pernyataan-pernyataan kontroversial Donald Trump, mengutip Kompas.com

Tentang imigran Meksiko

“Imigran Meksiko adalah kriminal dan pemerkosa,” kata Trump.

Donald Trump memulai kampanye kepresidenannya bulan Juli lalu dan langsung membuat pernyataan yang menggegerkan saat dirinya menyebut Meksiko mengirim ke AS warganya yang bermasalah seperti pemerkosa, kriminal, dan pengedar narkoba. Ia menolak mencabut perkataannya dan saat diminta mengklarifikasi ucapannya, dia malah bertanya, “Jadi siapa yang melakukan pemerkosaan di negeri ini.”

Dia mengatakan pula bahwa dirinya tidak rasialis. Kebijakan keras terhadap imigran ilegal justru menunjukkan bagaimana dia mencintai Amerika dan ingin menyelamatkan tanah airnya.

Mengenai penampilan fisik saingannya

“Lihat wajah (jelek) itu,” kata Trump soal penampilan fisik rivalnya, Carly Fiorina.

Ketika diwawancarai majalah Rolling Stones bulan Juli, Trump berceletuk, “Lihat wajahnya, apakah ada yang ingin memilih wajah itu ? Bisakah kamu bayangkan itu wajah Presiden kita berikutnya ?”

Ia kemudian melanjutkan bahwa Fiorina adalah seorang perempuan dan dia tidak seharusnya mengucapkan hal yang buruk. Namun dia mengatakan kemudian apakah kita serius ingin punya presiden seperti Fiorina.

Tentang presenter tv

Donald Trump menjadi sasaran kemarahan kaum feminis ketika dia mencerca Megyn Kelly, moderator debat pertama capres Republik, Agustus lalu.

“Dia yang memulainya dengan menanyakan saya banyak pertanyaan konyol, lihat itu darah keluar dari matanya, juga keluar dari segala bagian tubuhnya,” (Trump merujuk bahwa Kelly sedang datang bulan atau mengalami menstruasi.)

Setelah kemarahan publik, Trump akhirnya mengklarifikasi bahwa dia merujuk ke hidung Kelly bukan siklus menstruasinya.

Soal para veteran

Kembali lagi. Kali ini, Trump membuat marah kaum veteran dan politisi Amerika, setelah dia mengatakan pada bulan Juli bahwa Senator dan veteran Perang Vietnam John McCain bukanlah pahlawan perang. Adapun McCain pernah menjadi tawanan perang saat Perang Vietnam dan mengalami penyiksaan berat.

“Dia bukanlah pahlawan perang. Dia disebut pahlawan perang karena dia tertangkap. Saya suka orang yang tidak ditawan,” kata Trump.

Ia kemudian membantah ucapannya dan mengatakan bahwa dia sebenarnya mengkritik Senator dari Arizona itu karena kurang berbuat banyak untuk kaum veteran.

Tentang agama Barack Obama

“(Obama) tidak punya sertifikat kelahiran , atau mungkin dia punya, tetapi ada sesuatu, mungkin agamanya, mungkin dia Muslim,” kata Trump empat tahun lalu dalam masa kampanye presiden AS.

Bahkan Trump mendesak Presiden Barack Obama untuk memperlihatkan sertifikat kelahirannya guna membuktikan bahwa dia lahir di Hawaii dan bukan seorang Muslim.

Apa yang dilakukannya itu memicu teori konspirasi tentang kelahiran Obama. Trump bahkan mengancam akan membentuk tim investigasi khusus untuk menyelidiki di Hawaii. Gedung Putih akhirnya bereaksi dengan merilis sertifikat kelahiran Obama.

“Kita tidak punya waktu untuk hal konyol ini,” kata Obama ketika itu.

Bagaimana menurut Anda ?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*