Pedang Kuno berusia 3000 tahun dari Dinasti Shang, Ditemukan

Sebuah pedang kuno berusia 3000 tahun dari Dinasti Shang, ditemukan seorang bocah laki-laki asal China. Bocah ini secara tidak sengaja menemukan pedang perunggu ini, di sebuah sungai di Provinsi Jiangsu. Tentu saja, ini adalah sebuah temuan yang penting, mengingat sejarah China yang memang besar itu.
Yang Junxi, demikian nama bocah yang masih berumur 11 tahun itu, mulanya menyentuh ujung senjata berkarat tersebut, ketika mencuci tangan di Sungai Laozhoulin, Gaoyou. Ketika mengetahui itu sebuah pedang, ia lalu mencabutnya. Setelah itu ia membawa pulang pedang tersebut. Demikian dikutip dari BBC, Selasa (9/9/2014).
Dilansir dari Liputan6.com, penemuan pedang kuno itu menarik perhatian penduduk setempat. Keluarga Junxi akhirnya memutuskan untuk mengirim pedang kuno itu kepada sejumlah pejabat untuk diperiksa.
“Beberapa orang bahkan menawarkan harga yang tinggi untuk membeli pedang,” kata ayah Junxi, Jinhai.
Pedang Kuno berusia 3000 tahun dari Dinasti Shang, Ditemukan
img from liputan6.com
“Tetapi saya merasa menjual barang ini adalah suatu pelanggaran hukum,” tambah Jinhai.
Arkeolog memperkirakan, senjata berupa pedang kuno perunggu sepanjang 26 cm tersebut berasal dari Dinasti Shang atau Zhou yang merupakan jaman akhir dari peradaban China. Simpulan ini didapatkan berdasarkan analisa mendalam pada bahan, ukuran dan bentuk pedang kuno itu.
Lyu Zhiwei dari Biro Benda Budaya Gaoyou mengatakan, pedang perunggu tersebut sepertinya berfungsi praktis dan dekoratif. Dari bentuknya, pedang kuno ini mengisyaratkan mewakili simbol status seorang pejabat sipil. Jadi, menurut arkeolog, pedang ini bukanlah alat untuk berperang.
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *