Panduan Penggunaan Genset dan Keselamatan Umum

19 views

Sebelum menggunakan genset saat listrik mati, sebaiknya membaca terlebih dahulu panduan penggunaan genset dan keselamatan umum berikut ini. Sebab banyak pihak yang jual genset tanpa menekankan pentingnya keselamatan saat penggunaan kepada para pembelinya.

Penggunaan genset yang tak benar dapat menyebabkan keracunan karbon monoksida dari gas buangan mesin, kejutan listrik atau kesetrum dan kebakaran. Bahkan jika Anda tak dapat mencium asap gas buang, Anda tetap berisiko untuk terpapar karbon monoksida. Jadi bila Anda mulai merasa sakit, pusing atau letih saat menggunakan generator, segera cari udara segar. Jika Anda mengalami gejala-gejala yang serius, segera cari bantuan medis. Pertimbangkan untuk memasang alar karbon monoksida yang menggunakan baterai sebagai sumber daya. Pastikan membaca panduan yang disediakan oleh pabrik genset dan ambil langkah pencegahan yang layak. Gunakan genset portabel hanya ketika diperlukan saja dan hanya untuk menyalakan peralatan yang penting saja.

Letakkan genset di luar ruangan dan jaruh dari segala struktur. Menyalakan genset di dalam ruangan atau di ruangan yang tertutup sebagian akan menyebabkan kadar karbon monoksida dalam tingkat yang fatal dan berbahaya. Jaga agar letak genset berada di luar ruangan, setidaknya 15 kaki dari jendela terbuka, sehingga gas buang tidak masuk ke rumah, kantor atau rumah tetangga.

Jaga genset agar tetap kering. Operasikan genset pada permukaan kering di bawah struktur seperti kanopi. Dan pastikan tangan kering sebelum menyentuh genset. Jangan gunakan genset pada kondisi hujan atau basah.

Putuskan daya yang berasal dari rumah atau kantor sebelum menyalakan genset. Putuskan sumber daya listrik normal rumah Anda. Jika hal ini tak dilakukan, maka daya listrik dari genset Anda dapat terkirim ke jalur PLN dan menyebabkan situasi yang berbahaya bagi petugas PLN.

Pastikan genset sudah di-grounding secara layak

Pasang peralatan langsung ke genset. Gunakan pemanjang kabel dengan tingkat luar rungan dan beban berat dalam kondisi yang bagus. Gunakan saklar rangkaian yang dapat menangani beban listrik dari segala peralatan listrik yang terhubung.

Jangan pernah mencoba memberikan rangkaian listrik rumah dengan memasang generator ke colokan listrik di dinding atau pada panel listrik utama. Hanya tukang listrik berlisensi yang dapat menghubungkan genset ke panel listrik utama dengan memasang peralatan yang pantas yang sesuai dengan kode listrik lokal. Pastikan tukang listrik telah memasang saklar transfer otomatis yang diakui untuk memutuskan pengkabelan rumah dari sistem PLN sebelum mulai menggunakan genset.

Jaga pasokan bahan bakar yang cukup. Ketahui tingkat konsumsi bahan bakar genset pada berbagai tingkat keluaran listrik. Pertahankan jumlah bahan bakar yang dapat disimpan secara aman dan seberapa lama. Bahan bakar bensin dan solar yang disimpan dalam jangka waktu yang lama kemungkinan membutuhkan bahan kimia tambahan untuk menjaga tetap dapat digunakan. Periksa dengan pemasok Anda untuk rekomendasi. Simpan seluruh bahan bakar dalam wadah yang dirancang secara khusus pada tempat yang kering, dingin dan baik sirkulasi udaranya. Jauhkan dari segala sumber panas. Periksa tangki, pipa dan katup secara rutin terhadap kemungkinan adanya retakan atau kebocoran. Ganti bagian yang rusak dengan segera. Tangki kemungkinan juga membutuhkan izin untuk memenuhi persyaratan peraturan lain.

Matikan genset dan biarkan mendingin sebelum mengisi bahan bakar. Gunakan bahan bakar yang disarankan oleh panduan pabrik.

Periksa dan jaga genset secara rutin. Susun jadwal dan kontrak pemeliharaan setidaknya satu layanan pemeliharaan per tahun.

Demikianlah beberapa langkah panduan keselamatan umum saat menggunakan genset. Bila ingin buru-buru memiliki genset, Anda bisa mengecek harga genset di toko-toko perangkat keras atau pun di e-commerce.

Tags: #Genset #Panduan penggunaan genset