Mulai Malas ? Belajarlah Dari Burung

Bulan Ramadhan seperti ini memang waktu yang tepat bagi kita untuk mulai melakukan koreksi terhadap diri kita sendiri. Terutama tentang apa yang sudah, sedang, dan akan kita lakukan. Sebagai blogger, tentu saja hal ini juga harus kita lakukan. Dengan begitu, kita bisa melakukan perbaikan bila ada sesuatu yang kurang baik bagi kita, dan mempertahankan sekaligus meningkatkan yang baik menjadi lebih baik lagi.

Saya pribadi, seringkali menjumpai masalah klasik para blogger, yaitu kemalasan. Ini biasanya menjadi titik nadir bagi kita untuk kehilangan fokus. Ketika kita kehabisan ide untuk posting artikel, atau mengalami kemandekan dalam bisnis online yang kita jalani, ini akan terjadi. Jadi, berhati-hatilah bila Anda mulai merasakan ini. Saya ingin membagikan sebuah fakta bagi kita semua. Fakta ini telah begitu membuka mata saya mengenai kemalasan ini.

Kita akan melihat kehidupan burung. Sepertinya, menjadi burung itu enak ya ? Bisa terbang bebas kesana kemari. Lelah istirahat, makan tinggal mengambil. Burung-burung memang tidak menabur dan menuai, tetapi dia hanya mencari makan yang ada, yang disediakan oleh Allah pencipta. Tetapi apakah mereka tidak bekerja sama sekali ? Jawabannya, TIDAK. Ternyata, burung adalah hewan yang bekerja keras sepanjang hari. Anda tidak percaya ? Baiklah, berikut ini sebuah penilitian terhadap aktivitas kehidupan burung-burung :

Burung Murai, bangun pukul 02.30 pagi kemudian mencari makan hingga pukul 21.30 (total 19 jam), bolak-balik ke sarang sekitar 200 kali sehari memberi makan anak-anaknya.
Burung Tikus, bangun pukul 03.00 pagi dan bekerja hingga pukul 21.00 (18 jam). Mereka bisa mengumpulkan 400 ekor ulat sehari.
Burung Hitam, bangun pukul 04.00 pagi dan bekerja hingga pukul 21.00 (17 jam). Bolak-balik ke sarang 100 kali sehari untuk memberi makan anak-anaknya.

Luar biasa bukan ?

Seharusnya, kita bisa belajar dari hal ini. Allah menciptakan alam dan isinya selain untuk dimanfaatkan manusia, sekaligus agar manusia juga bisa belajar darinya. Kalau kemalasan sudah mulai merasuki diri kita, ingat kembali ciptaan Allah yaitu burung. Walau mereka ‘dipelihara’ Allah sendiri tanpa harus menyediakan (menabur), namun mereka adalah pekerja keras. Masa’ kita kalah sama burung ? Jika kita ingin juga “dipelihara” Allah maka kita harus bekerja.

So, mulailah kembali ke fokus kita. Jadikan blogging sebagai sebuah aktivitas yang menyenangkan dan memberi manfaat. Kalau kita memberi, maka kita pasti akan menerima.

Keep blogging dan semoga artikel ini bermanfaat.

10 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*