Mengenal Penyakit Anoreksia dan Penyebabnya

Apakah Anda tahu apa itu Anoreksia ? Anoreksia adalah gangguan makan yang menyebabkan seseorang terobsesi dengan berat badan yang sangat tidak ideal (underweight). Penderita anoreksia akan berusaha keras untuk mempertahankan berat badan yang jauh di bawah normal untuk usia dan tinggi mereka.

Untuk hal ini (berat badan) penderita anoreksia mau melakukan apa saja untuk dapat mempertahankan berat badannya. Bahkan penderita rela menahan rasa lapar, memuntahkan makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh, serta melakukan aktivitas fisik secara berlebihan agar seluruh kalori yang telah masuk terbakar.

Mengenal Penyakit Anoreksia dan Penyebabnya

Belum lama ini, ada sebuah penelitian yang menemukan penyebab dari anoreksia. Para peneliti mempercayai, bahwa seseorang bisa menderita anoreksia tidak selalu karena faktor psikologis, sosial atau penelitian, tetapi juga karena infeksi bakteri. Bakteri ini menyerang otak yang berakibat membuat emosi si penderita menjadi merasa jijik dan ketakutan.

Dikutip dari Daily Mail, Senin (25/42016), Dr Quenton Wessels dari Lancaster University menjelaskan, terjadi pertikaian begitu tubuh bertemu bakteri tertentu yang membuat kekebalan tubuh menurun. Belum lagi bakteri itu menyerang bagian tubuh yang sehat. Auto-antibodi yang bekerja pada sistem limbik otak bisa menyebabkan emosi berlebihan termasuk rasa jijik dan takut.

Perempuan Paling Rentan

Para peneliti juga mendapati bahwa perempuan memang paling rentan terhadap penyakit auto-imun dan 10 kali lebih mungkin mengalami anoreksia, irritable bowel system (IBS), dan chronic fatigue syndrome (CFS). Nah, kalau memang terbukti demikian, ini bisa dijadikan para peneliti untuk menemukan obat yang cocok menyembuhkan kondisi gangguan makan ini.

Demikian artikel Mengenal Penyakit Anoreksia dan Penyebabnya. Disarikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*