Masker Ampuh Untuk Menangkal Virus MERS

Masker Ampuh Untuk Menangkal Virus MERS – Mulai jatuhnya korban akibat virus baru yang saat ini dikenal yaitu MERS, membuat kita harus lebih banyak mencari dan mengetahui informasi yang berkaitan dengan virus ini. Ketika saya menelusuri halaman Wikipedia bahasa Indonesia, saya belum banyak mendapatkan informasi yang memuaskan. Namun, saya telah menemukan sebuah artikel dari Tribun News, yang bisa memberi Anda gambaran mengenai virus ini, dan cara untuk menangkal virus MERS ini. Virus MERS CoronaVirus atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) tersebar melalui udara dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. 
Penelitian memperlihatkan bahwa MERS-CoV paling berpotensi ditularkan dari manusia ke manusia melalui kontak yang sangat dekat. 
“Sebagai antisipasi untuk mengurangi paparan virus MERS-CoV, kami menyarankan masyarakat menggunakan respirator, atau yang lebih awam disebut dengan masker, bersertifikasi N95,” kata Inge Angeline Santoso selaku Personal Safety Division Product Manager PT 3M Indonesia, Rabu (14/5/2014).
Masker Ampuh Untuk Menangkal Virus MERS
Inge menambahkan, 3M memiliki respirator berstandar N95 yang memiliki inovasi teknologi Advanced Electret Media di mana dapat memberikan kemampuan filtrasi yang optimal. 
“Masker ini mempunyai kemampuan menahan partikel dengan ukuran sangat kecil termasuk ukuran virus serta kenyamanan bernafas, sehingga dapat mengurangi paparan virus MERS-CoV,” katanya. 
Fattatulhidayat selaku Personal Safety Division Technical Service Engineer PT 3M Indonesia memaparkan, produk respirator/masker 3M™ berstandar N95 memiliki beberapa pilihan produk dengan tingkat kerapatan masker yang cukup kuat sebagai pencegah masuknya virus ini ke dalam sistem pernapasan. 
“Dibedakan menjadi dua kelompok pilihan sesuai penggunanya yaitu 3M™ N95 tipe 8210 dan 9105 untuk masyarakat umum dan tipe 1860 dan 1870 khusus untuk petugas medis,” katanya. 
Namun harus juga diperhatikan bahwa efektifitas respirator/masker N95 untuk menyaring partikel termasuk virus sangat dipengaruhi oleh cara pemakaiannya. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara pemakaian masker N95 yang benar dengan membaca petunjuk pemakaiannya. Masker N95 harus dipastikan rapat di wajah pemakai untuk mencegah kebocoran yang dapat menyebabkan virus bisa lolos. Kebocoran masker N95 juga dapat dipengaruhi oleh adanya janggut atau kumis pemakai yang menghalangi kerapatan pemakaiannya. 
“Untuk pengguna Masker N95 yang memiliki riwayat penyakit terkait pernafasan, asma, emphysema dan penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu,” lanjut Zully. (sumber & gambar)
Loading...

2 Komentar

  1. Masker N95 memang khusus dan biasanya di dalam dunia keperawatan seringkali digunakan oleh tenaga kesehatan ketika merawat pasien dengan penyakit yang menukar lewat udara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*