Manfaat Ibadah Puasa bagi Paru-paru

Manfaat Ibadah Puasa bagi Paru-paru – Mungkin ada di antara Anda yang bertanya-tanya, apa hubungannya puasa dengan paru-paru ? Bukannya lebih berhubungan dengan pencernaan ? 🙂
Yah, walaupun puasa lebih sering dikaitkan dengan kesehatan pencernaan, tetapi ternyata, menahan lapar dan dahaga selama Ramadan juga dapat menyehatkan paru-paru.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan sekaligus Guru Besar Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Prof. Tjandra Yoga Aditama kepada Liptan6.com. Menurut beliau, berikut manfaat puasa itu :

Manfaat Ibadah Puasa bagi Paru-paru
img from Liputan6

Manfaat Ibadah Puasa bagi Paru-paru

1. Perbaikan volume paru

Banyak penelitian menunjukkan, faal atau fungsi paru dan pernapasan tidak memiliki perbedaan sebelum atau sesudah Ramadan. Tetapi, ada satu penelitian di Arab yang menunjukkan adanya perbaikan volume paru pada saat puasa, di duga karena perbaikan berat badan.

2. Penderita asma tetap

Penelitian menunjukkan, tidak ada perubahan perawatan di rumah sakit karena asma bronkiale, sebelum dan pada saat Ramadan.

3. Waktu terbaik berhenti merokok

Puasa adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Kebiasaan puasa sejak subuh sampai magrib, ditambah waktu tarawih di masjid akan menjadi tantangan bagi perokok. Sesudah Lebaran maka teruskanlah tidak merokok

4. Ketenangan hidup

Cukup banyak penelitian yang menunjukkan, ibadah puasa Ramadan memberi kedamaian dan ketenangan hidup. Hal ini tentu akan juga berpengaruh baik bagi kesehatan paru dan pernapasan.

5. Mengurangi risiko tuberkulosis (TB)

Penelitian di Universitas Brawijaya yang dipublikasi internasional menemukan, puasa pada orang sehat akan menyebabkan pertahanan tubuh terhadap penyakit tuberkulosis melalui peran makrofag dan sel mononuklear darah tepi untuk mengatasi penurunan kemampuan serum membunuh bakteri tuberkulosis. Puasa Ramadan juga mengurangi risiko terinfeksi tuberkulosis. (sumber)

1 Komentar

  1. iya kang, point 3 masuk banget deh. selama puasa aktifitas merokok juga berkurang, malah gak enak ketika waktu buka puasa tiba kita merokok. ternyata selain memberikan manfaat dalam beribadah, berpuasa juga dapat memberikan manfaat yg bagus untuk kesehatan ya kang, khususnya kesehatan pada Paru2 … 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*