Inilah Pesan MUI Menjelang Ramadhan

Inilah Pesan MUI Menjelang Ramadhan – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Menurut kalender, bulan suci umat Islam ini akan jatuh pada tanggal 18 Juni 2015 nanti. Terkait dengan bulan suci Ramadhan Majelis Ulama Indonesia (MUI) berpesan kepada seluruh umat Islam di Indonesia. Umat Islam harus bisa menjaga nilai keislaman di bulan suci Ramadhan. Itu dapat dimulai dengan menjaga hawa nafsu dari sikap konsumtif berlebihan.

Berikut pesan MUI yang disampaikan oleh Anwar Abbas Plt Ketua Bidang Pendidikan Majelis Ulama Indonesia kepada ROL, Senin (15/6).

1. MUI mengharapkan agar kaum Muslimin menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sebab, sebagaimana Rasulullah bersabda bahwa barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan krn didorong oleh keimanan dan keikhlasan untuk beribadah kepada Allah, maka akan diampunilah oleh allah dosa-dosanya terdahulu.

2. MUI mengharapkan kaum Muslimin bisa mengendalikan hawa nafsunya, terutama nafsu konsumsinya. Sebab, fenomena yang ada menunjukkan sebagian besar muslim telah berhasil menahan untuk tidak makan dan minum di siang hari. Karena itu, semestinya tingkat konsumsi umat Islam dibulan puasa menurun 33 persen. Sebab, pada saat Ramadhan makan tiga kali sehari berkurang menjadi dua kali.

“Tapi anehnya tingkat konsumsi umat islam meningkat di bulan puasa. Ini merupakan indikasi bahwa kemampuan umat Islam untuk mengendalikan hawa nafsunya masih lemah,”ungkap Anwar yang juga Bendahara PP Muhammadiyah.

3. Agar pemerintah bersama tokoh-toh masyarakat dan para ulama agar bersinergis melakukan moral suasion (dorongan moral). Upaya itu agar umat Islam dapat menjaga perilaku konsumsinya untuk selalu bersikap sederhana dan tidak berlebihan berlebih. “Karena Allah tidak suka hal demikian,”katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*