Googe Doodle : Ultah ke 388 Charles Perrault

Googe Doodle : Ultah ke 388 Charles Perrault – Charles Perrault adalah seorang penulis yang berasal dari Perancis. Dia adalah salah seorang pembangun fondasi untuk literatur genre baru yaitu dongeng (fairy tales). Hari ini, 12 Januari memperingati ultahnya yang ke 388. Charles sendiri lahir pada tanggal 12 Januari 1628, dan meninggal dalam usia 75 tahun pada tanggal 16 Mei 1703. Sebagai peletak dasar genre dongeng, Charles telah melahirkan berbagai karya yang bahkan masih dikenang hingga saat ini.

The Sleeping Beauty dan Cinderella adalah karya besar sang penulis. Charles Perrault lahir dari keluarga borjuis, dan merupakan anak ke 7 dari pasangan Pierre Perrault dan Paquette Le Clerc. Selama kecil, dia mendapatkan pendidikan yang baik dan mempelajari Hukum sebelum kemudian memulai karirinya di pemerintahan, mengikuti jejak ayahnya, dan juga saudaranya Jean Perrault.

Googe Doodle : Ultah ke 388 Charles Perrault

Googe Doodle : Ultah ke 388 Charles Perrault

Dia mengambil bagian dalam penciptaan Academy of Sciences serta pemulihan Academy of Painting. Pada 1654, ia pindah dengan saudaranya Pierre, yang telah membeli sebuah pos sebagai pemungut pajak utama kota Paris. Ketika Academy of Inscriptions and Belles-Lettres didirikan pada 1663, Perrault ditunjuk sebagai sekretaris dan bertugas di bawah Jean Baptiste Colbert, menteri keuangan untuk Raja Louis XIV. Jean Chapelain, Amable de Bourzeys, dan Jacques Cassagne (pustakawan Raja) juga ditunjuk.

Charles Perrault
Charles Perrault

Pada tahun 1695, ketika ia berusia 67 tahun, Perrault kehilangan jabatannya sebagai sekretaris. Dia memutuskan untuk mendedikasikan dirinya untuk anak-anaknya. Pada tahun 1697 ia menerbitkan Tales and Stories of The Past with Morals (Histoires ou Contes du Temps passé), menerjemahkan Tales of Mother Goose (Les Contes de ma Mere l’Oye).

Ejaan nama adalah dengan “y” walaupun Perancis modern menggunakan hanya ‘i’. “Mother Goose” ini tidak pernah diidentifikasi sebagai pribadi tetapi digunakan untuk merujuk pada tradisi telltales populer di frase pepatah waktu. Cerita ini, berdasarkan tradisi populer Perancis , yang sangat populer di kalangan pengadilan canggih. Publikasinya membuatnya menjadi sangat banyak dikenal dan ia sering dikreditkan sebagai pendiri genre dongeng modern. Namun karyanya mencerminkan kesadaran dongeng, sebelumnya ditulis di salon, terutama oleh Marie -Catherine Le Jumel de Barneville, Baroness d’Aulnoy, yang menciptakan istilah “dongeng” dan menulis cerita pada awal 1690.

Meskipun demikian, banyak cerita yang paling terkenal yang kita dengar hari ini, seperti Cinderella dan Little Red Riding Hood, dikatakan bahwa ia lah penulisnya. Dia benar-benar telah menerbitkan koleksinya dengan nama anak terakhirnya, Pierre (Perrault) Darmancourt.

Dalam cerita, ia menggunakan gambar dari sekelilingnya, seperti Chateau Ussé untuk The Sleeping Beauty dan Puss in Boots Marquis of the Château d ‘Oiron, dan mengontraskan subyek cerita rakyatnya, dengan rincian. Selain karena dan subteks diambil dari dunia fashion. Menindaklanjuti cerita ini, ia menerjemahkan Fabulae Centum (100 Fables) dari penyair Latin, Gabriele Faerno ke versi Perancis pada tahun 1699.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*