Game Super Mario Meningkatkan Kinerja Otak

278 views

Game Super Mario Meningkatkan Kinerja Otak – Kesukaan saya bermain game sejak kecil, ternyata menurun kepada anak saya. Walaupun usianya baru 4.5 tahun, dia bisa memainkan game yang biasa dimainkan orang dewasa, hanya dengan memainkannya 5 kali dan tidak bisa, di permainan ke-6, dia bisa main game itu. Saya sampai geleng-geleng (saya lagi hobi geleng-geleng ..), sambil bilang, “Pak mu ae raiso Le …”

Di masalah pergeman ini, saya agak beda pendapat dengan “mantan pacar” saya, yang selalu membatasi Sang untuk main game. Bagi saya pribadi, main game bagi anak, itu wajar-wajar saja … Yang menjadi tidak wajar kalau maunya hanya main game saja … Kebetulan Sang tidak seperti itu ..

Game Super Mario Meningkatkan Kinerja Otak
Nah, dari pada saya ribut dengan mantan pacar masalah game, akhirnya saya mengunduhkan game-game edukatif untuk anak saya. Salah satunya akan saya share-kan di bawah ini. Barangkali, ada yang membutuhkan, karena game ini memang bagus untuk melatih kinerja otak anak.

Game Super Mario Meningkatkan Kinerja Otak
Game yang saya bagi kali ini adalah Game Super Mario. Game ini membuat para pemainnya terus menatap layar, dan ini bisa jadi membuat otak bekerja lebih baik.

Game Super Mario Meningkatkan Kinerja Otak

Sebuah studi baru dari jurnal Molecular Psychiatry menggali lebih dalam mengenai efek dari game video yang dimainkan dengan area gray matter pada otak manusia. Gray Matter adalah sistem jaringan otak yang bertanggung jawab atas kontrol otot, memori, bahasa, dan sensor pancaindera.

Penelitian dari Institut Pengembangan Manusia Max Planck, Berlin dan Rumah Sakit St Hedwig meneliti orang dewasa untuk memainkan Mario 64 pada Portabel Nintendo DS System selama 30 menit setiap hari selama dua bulan. Pada hari terakhir permainan, game akan menampilkan Gray matter yang meningkat secara signifikan dalam keduanya, baik dalam bilateral hipokampus dan bagian dari korteks prefrontal kanan. Hipokampus, bertanggung jawab untuk formasi memori, juga koneksi sensor informasi (seperti penciuman, dan suara) kepada memori.

Mario 64 mengajak pemainnya untuk bermanuver dengan karakter tituler melalui simulasi tiga dimensi. Layar pada Nintendo Ds yang terbagi dua dapat digunakan untuk mengetahui posisi Mario pada peta, sementara pada layar yang satunya menampilkan perspektif dari karakter gim yang dimainkan. Otak dapat dikaitkan dengan para pemain menjadi lebih baik pada Mario 64. Bergerak dari perspektif orang pertama, dan strategi yang bertukar antara peta dan perspektif dari Mario.

Menariknya, peneliti juga menemukan korelasi antara keinginan subjek untuk memainkan gim, dan apa yang dihasilkan dari volume gray matter.

Peneliti berspekulasi bahwa hal ini harus dilakukan dengan brain’s reward system, yang meluncurkan dopamine ketika seseorang menikmati aktifitasnya. Dopamine pada gilirannya dapat meningkatkan gray matter dan secara efektif menciptakan umpan balik. Nah, yang saya share kali ini adalah game super mario63. Game ini bisa dimainkan kalau di PC atau laptop ada Adobe Flash Player. Silahkan klik di sini kalau mau unduh.

Pareng …

Tags: #download game super mario #game #game gratis #super mario

  1. author

    Kstiawan®4 tahun ago

    apa bener mas bisa meningkatkan kinerja otak?
    walaupun sudah bapak-bapak..xixixi

    Balas
  2. author

    Fadly Rifai4 tahun ago

    Langsung izin ke TKP buat download game mario nya. ^^

    Balas
  3. author

    khusna khairunnisa4 tahun ago

    wah Mas, kayaknya cocok banget untuk anak saya…secara Zaki saya juga hobi banget main game…tapi dasar emak-emak, saya selalu cerewet ketika anak saya ngegame melulu sama teman-temannya…soalnya saya jadi terganggu, nggak bisa fokus masak atau nyuci gara-gara dia kalah, minta saya yang mainkan sampe menang…opo yo ora mumet, emek-emak disuruh main game?

    nanti saya donlut buat si Zaki…

    Balas
    • author

      Mohammad Fanirifanto4 tahun ago

      Ha..ha.. memang begitulah anak mbak.. Sang juga ga mau kalah mbak.. tapi untungnya jarang maen 'berjama'ah' paling cuma sama kakak sepupunya …
      Kolo-kolo maen game Bun … he..he..

      Balas
    • author

      Agus Setya4 tahun ago

      saya tidak mau ngegame karena nanti waktu ngeblog saya berkurang. gimana coba

      Balas
    • author

      Mohammad Fanirifanto4 tahun ago

      game khusus buat anak.. buat bapak bapak … besok yah..

      Balas
  4. author

    Azie Thea4 tahun ago

    Kalau sudah tau begini, berarti anak-anak jangan dilarang bermain game mario bros yah mas, ternyata ada manfaatnya.

    Balas
  5. author

    san sinichi4 tahun ago

    selain itu ,, ada dampak gak baiknya juga sih, jadi lupa waktu,saking asyiknya,.. hhe,…

    Balas
    • author

      Mohammad Fanirifanto4 tahun ago

      Naa.. itu jua yg jadi konsen saya mas.. tapi dengan jadwal dan reward, semua bisa di atasi kok .. Makasih kunjungannya …

      Balas
  6. author

    Cilembu thea4 tahun ago

    otak saya justru terlalu meningkat, jadi ke'nya ngga usah pengen nambah meningkat lagi ah…bisa berbahaya deh ih…;o)

    Balas
  7. author

    Indra Kusuma Sejati4 tahun ago

    Game ini memang bagus, membuat para mpemainnya untuk lebih kreatif dalam berfikir ya Mas. Kalau sudah gini kan seru mainnya sama keluarga.

    Salam

    Balas
  8. author

    rohmad aini4 tahun ago

    WADUH jadi ingat waktu sd dulu nih main game mario sampai lupa waktu padahal waktu iu gamenya masih nyewa punya tetangga

    Balas
  9. author

    Agus Setya4 tahun ago

    game ini sangat legendaris dan merupakan sejarah buat kehidupan saya. sama seperti mas anto, saya memainkan ini dengan bantuan video game / merknya bukan nintendo, hehehehe. saat liburan sekolah saya minjam game ini kepada teman saya, kalau hari aktif sekolah tidak boleh sama orang tua.

    Balas

Tinggalkan Balasan