Foto-foto Keindahan Galaksi Bima Sakti

Foto-foto keindahan galaksi Bima Sakti – Anda yang menyukai lagu-lagu Michael Learns to Rock, terutama Sleeping Child, tentu telah menyanyikan galaksi ini di awal lagu. Dalam bahasa Inggris, galaksi Bima Sakti disebut dengan Milky Way. Wikipedia menuliskan bahwa galaksi Bimasakti adalah galaksi spiral yang besar, yang termasuk dalam tipe Hubble SBbc, dengan total massa sekitar 10 pangkat 12 dari massa matahari. Bima Sakti memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya.
Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat sistem Tata Surya. Dalam sistem tata surya itulah, terdapat planet Bumi tempat kita tinggal. Ilmuwan menduga, dalam pusat galaksi, terdapat lubang hitam supermasif (black hole). Lokasi dari lubang hitam ini diperkirakan pada rasi Sagitarius A. Tata surya kita memerlukan waktu 225–250 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit. Kecepatan orbit tata surya adalah 217 km/d.
Bima Sakti sering tampak sebagai sebuah gugusan tata surya yang tampak membentang di langit malam. Pendaran cahaya dari galaksi ini memang berkilau. Tetapi penampilannya yang redup tampak melengkung jika langit sedang cerah. Apabila dilihat dengan mata telanjang, Bima Sakti tidak ubahnya seperti bintang.

Foto-foto keindahan galaksi Bima Sakti

Foto-foto Keindahan Galaksi Bima Sakti
img from plasa.msn

Galaksi ini ditemukan tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Ia menemukannya menggunakan teleskop, saat ia melihat gugusan galaksi Bima Sakti tampak berbaur dengan bintang. Galileo berkata bahwa bintang yang ada dilangit merupakan bagian dari galaksi Bima Sakti.

Tampak gugusan cahaya dari Bima Sakti di Gunung Bromo Indonesia.
Foto-foto Keindahan Galaksi Bima Sakti
foto-foto keindahan galaksi bima sakti
foto Bima Sakti oleh Nick Risinger (img from plasa.msn.com)
Dari gambar yang dibuat oleh Nick Risinger dari Skysurvey.org sebuah penampakan gugusan cahaya galaksi Bima Sakti dengan formasi khasnya. Nick Risinger yang telah memotret hingga 37.000 gambar galaksi Bima Sakti selalu berpindah tempat untuk memotret tata surya yang jaraknya 60.000 mil selama satu tahun.
Bagaimana menurut Anda ? Saya kira Anda setuju bahwa foto itu sangat indah. Itulah suatu karya kebesaran Tuhan yang harus kita syukuri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *