Beberapa Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa

Bagi umat Islam, menjalankan puasa wajib hukumnya di bulan Ramadhan. Sebentar lagi, umat Islam akan segera menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk tahun ini. Tahukah Anda, bahwa berpuasa mampu memperlambat proses penuaan dan menghindarkan tubuh dari berbagai resiko penyakit seperti jantung, kanker, dan gejala penyakit kronis ?

Puasa tidak sekadar beribadah yang menghubungkan umat dengan Tuhannya. Menjalankan puasa diyakini mampu membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih baik.
Beberapa Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa 
Sebuah penelitian di Lousiana State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa, mekanisme puasa memicu gen yang mengatur kelangsungan hidup dengan melindungi sel-sel dalam tubuh. Saat menjalankan puasa, gen tersebut melindungi tubuh dari radikal bebas yang mempercepat proses penuaan.

“Gen ini juga memperlambat proses penuaan dengan mengurangi risiko yang berkaitan dengan usia penyakit dan ancaman kesehatan. Dua penyebab penuaan seperti tanda peradangan dan stres oksidatif pun berkurang,” kata Ketua penelitian, James Johnson.

Beberapa Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa

Penelitian lain yang dilakukan di University of California pun menyelidiki efek jangka panjang manfaat puasa. Hasilnya, menjalankan puasa memiliki efek luar biasa pada penurunan berat badan.

“Kami melakukan penelitian pada seseorang yang berpuasa selama delapan minggu. Hasilnya menunjukkan kadar kolesterol jahat turun seiring dengan penurunan trigliserida (lemak dalam darah), tekanan darah dan detak jantung. Indikator risiko utama penyakit jantung pun berkurang,” kata Pemimpin Penelitian Dr Krista Varady.

Mereka juga menjelaskan proses puasa menguntungkan distribusi lemak yang disimpan dalam tubuh, mempengaruhi tingkat asam lemak dan hormon, termasuk leptin yang terlibat mengatur berat badan dan metabolisme.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*