logo blog
Selamat Datang di MASASHA
Terima kasih atas kunjungan Anda,
semoga informasi yang dibagikan di sini bermanfaat dan mencerahkan.

Biografi Erick Thohir

Biografi Erick Thohir - Nama Erick Thohir belakangan ini santer diberitakan media. Ini tidak lain akan rencana pengusaha kaya ini untuk mengakuisisi atau membeli sekitar 80% saham dari klub sepakbola Italia Inter Milan. Walaupun pernyataan media ini sudah disanggah oleh pemilik Inter Milan saat ini, yaitu Massimo Moratti, namun ia tidak menyangkal memang telah bertemu dan berbicara dengan Erick Thohir mengenai masalah ini.

Sebenarnya siapakah Erick Thohir ?

Erick Thohir (lahir di Jakarta, Indonesia, 30 Mei 1970; umur 43 tahun) adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media. Ayahnya adalah Teddy Thohir, co-pemilik dari grup otomotif Astra International dengan William Soeryadjaya, Saudaranya, Boy Thohir, adalah seorang bankir investasi, ia juga memiliki saudara perempuan, Rika Thohir yang turut  membantu Thohir dalam mengurusi bisnis keluarga.

Biografi Lengkap Erick Thohir
Thohir menerima gelar master pada tahun 1993 di Amerika Serikat. Setelah kembali ke Indonesia bersama dengan Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy ia membentuk Grup Mahaka

Erick lahir dari keluarga yang berapresiasi tinggi akan media Islami. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Harian Republika dan perusahaannya sendiri, Mahaka Media. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur VIVA, Beyond Media perusahaan  Anindya Bakrie pemilik Stasiun televisi TVOne and ANtv.

Selain fokus di dunia media, Erick juga berfokus pada olahraga yang digemarinya, yaitu bola basket. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006-2010 dan menjabat sebagai Presiden SEABA selama dua kali, yaitu periode 2006-2010 dan 2010-2014.

Tak hanya dunia media dan bola basket yang ditekuninya, ia juga menjadi penulis bukunya yang berjudul Pers Indonesia di Mata Saya yang diluncurkan tahun 2011.

Pada tahun 2001, kelompok Mahaka membeli koran Republika , yang sedang menghadapi kebangkrutan. Karena latar belakang Erick Thohir dalam komunikasi, maka ia dipilih untuk memimpin media surat kabar tersebut. Thohir mendapat dukungan dari ayahnya, serta pendiri Kompas Jakob Oetama dan pendiri Jawa  Pos Dahlan Iskan, Kelompok Mahaka kemudian mengakuisisi surat kabar yang khusus mengulas tentang china, yaitu surat kabar harian Sin Chew Indonesia, yang merupakan asosiasi dari harian surat kabar Sin Chew china.

Sebuah laporan pada tahun 2009 di Jakarta Globe mencatat bahwa kepemilikan perusahaan Thorir mencakup semua lini mulai dari Life style ,majalah olahraga, Orang tua Indonesia, dan Golf Digest, koran Harian Sin Chew Indonesia dan Republika , stasiun televisi JakTV , stasiun radio GEN 98,7 FM, Prambors FM , Delta FM , dan Radio Female, tidak hanya dalam media surat kabr tapi merambah media iklan, tiket, hiburan dan situs Web. Ia juga merupakan pendiri dari dua badan amal , yang  berorientasi dalam bidang pendidikan, yaitu  Darma Bakti Mahaka Foundation dan Dompet Dhuafa Republika.

yang paling heboh dia juga orang asia pertama yang membeli klub Bola Basket NBA di Amerika bersama Jason Leiven pada tahun 2011. Setelah beberapa bulan perundingan  yang alot beberapa hari setelah Liga Basket  All-Star NBA 2011– dia bersama mantan agen Basket Jason Levien,  Joshua Harris, Thohir menjadi bagian dari konsorsium yang membeli Philadelphia 76ers , sebuah Tim Bola Basket  NBA , diantara para konsorsium juga termasuk aktor Will Smith , istrinya Jada Pinkett Smit.Erick Thohir adalah orang Asia pertama yang memiliki Club Bola Basket NBA di Amerika.

Thohir ia juga pernah menjadi presiden dari Asia Tenggara Basketball Association sampai dengan tahun 2006, presiden Indonesia Basketball Association (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia). Dia juga pemilik tim basket Satria Muda Britama Jakarta dan Indonesia Warriors.

Pada tahun 2012 lalu, Erick Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas atas Major League Soccer klub (MLS Liga) DC United . Dia juga menjadi orang pertama Asia yang membeli sebuah club di Amerika.

Dan, yang paling menghebohkan adalah berita terakhir. Bahwa dia berencana membeli sampai dengan 80% saham Inter Milan. Bila ini sampai menjadi kenyataan, maka akan berimbas sangat baik bagi persepakbolaan nasional.

Inilah sekelumit tentang Erick Thohir. Semoga manfaat ...

Enter your email address to get update from MASASHA.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjungan Anda.
Jangan lupa, tinggalkan jejak dengan memberikan komentar Anda. Komentar Anda sangat saya hargai. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup dalam komentar. Karena bila ada, maka akan saya masukkan sebagai SPAM
~ Berkomentarlah dengan Sopan ~

Copyright © 2011 - 2014. Masasha - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib support by DW Cloudhosting powered by Blogger